PENGARUH KOMPETENSI DOSEN (PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN NEONATUS, BAYI, BALITA DAN ANAK PRA SEKOLAH DI AKADEMI KEBIDANAN ‘AISYIYAH PONTIANAK

Sofia Apritasari

Abstract


Pendahuluan : Dalam dunia pendidikan prestasi merupakan hal yang sangat penting dan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan mahasiswa yang telah dicapai (dikerjakan, dilakukan, dan sebagainya) secara individu maupun kelompok dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program pendidikan.
Tujuan penelitian : untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester III Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak. Sampel berjumlah 85 mahasiswa. Instrumen pengumpul data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi, regresi ganda, uji t, dan uji F. Pengolahan data menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian : menunjukkan bahwa Kompetensi dosen dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah Askeb Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra sekolah pada mahasiswa semester III Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak secara simultan dimana p value 0,000 < 0,05.
Kesimpulan : berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi dosen dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Askeb Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra sekolah pada mahasiswa semester III Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak secara simultan.
Kata Kunci : kompetensi dosen, motivasi belajar dan prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arini, SKN. 2011. Pengaruh Tingkat Intelegensi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas Ii Sma Negeri 99 Jakarta. http://digilib.unimed.ac.id/ UNIMED-Master-25/25 diakses tanggal 27 Juli 2018.

Asep J dan Suyanto, 2013. Menjadi Guru Professioal: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru Di Era Global, Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Budiono, K. 2004. Teori dan aplikasi: Statistika dan probabilitas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Budiada, IM. 2012. Analisis Kecenderungan Tentang Kompetensi Dosen Politeknik Negeri Bali. http://isjd.pdii.lipi.go.id/index. php/Search.html?act= tampil& id= 106468& idc=0 diakses tanggal 26 Juli 2018.

Bruce, Kotler, Norman, Philip, Shawchuck, and Wrenn, 2010. Biulding Strong Congregations. USA: Autumn House.

Choosri, C. and Intharaksa, U. 2011. Relationship between Motivation and Students’ English Learning Achievement: A study of the Second – year vocational certificate level Hatyai Technical College Students. http://sv.libarts.psu.ac.th/conference5/proceedings/Proceedings3/article/2pdf/006 diakses tanggal 17 Oktober 2018.

Darmadi, H. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar (Landasan Konsep dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.

Djamarah, SB. dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar (cetakan ke empat). Bandung : Rineka Cipta.

Farida, S. 2008. Sertifikasi Guru. Bandung:Yrama Widya.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Semarang : Universitas Diponegoro.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hamdu, G. dan Agustina, L. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar (studi kasus terhadap siswa kelas IV SDN tarumanagara kecamatan tawang kota tasikmalaya). http://digilib.unimed.ac.id/ UNIMED-Master-25/25 diakses tanggal 25 Agustus 2018.

Himpunan Peraturan Perundang-undang, 2011. Undang-Undang Guru dan Dosen. Bandung : Fokus media.

Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mediawati E, 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. file:///C:/Users/User/Downloads/4922-10507-1-SM.pdf diakses tanggal 04 November 2018

Muhibbin, S. 2011. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mustikawan, A., Ridho, A., Wahidmuri, 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi Dan Praktik. Yogyakarta : Nuha Litera

Nababan, W. 2007. Pengaruh Pengembangan Profesionalisme Dan Kinerja Dosen Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di FKIP Universitas HKBP Nonmensen Pemantangsiantar. http://digilib.unimed.ac.id/ UNIMED-Master-25/25 di akses tanggal 25 Agustus 2018.

Nashar, 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta : Delia Press.

Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Pedoman Skripsi, Tesis, Dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba medika.

Purwanto, N. 2010. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rahman, T. 2006. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Man Sp.Langkat Hulu. Medan : UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/ UNIMED-Master-25/25 di akses tanggal 25 Agustus 2018.

Ridwan, 2006. Belajar mudah penelitian untuk dosen karyawan dan peneliti pemula. Bandung : Alfabeta.

Riduwan, 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung : Alfabeta.

Riwidikdo, H. 2009. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada media group.

Sardiman, 2010. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Raja Gravindo Perkasa.

Setiawati, L. 2011. Pengaruh Kompetensi Sosial Guru IPS Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di MTs Negeri Lawang Malang. http://digilib.unimed.ac.id/ UNIMED-Master-25/25 di akses tanggal 25 Juli 2018.

Setiawan, R. 2010. Analisis Pengaruh Faktor Kemampuan Dosen, Motivasi Belajar Ekstrinsik dan Intrinsik Mahasiswa, Serta Lingkungan Belajar Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Di Departemen Matakuliah Umum Universitas Kristen Petra. http://digilib.unimed.ac.id/ UNIMED-Master-25/25 di akses tanggal 26 Juli 2018.

Shih, CC. and Gamon, J. 2001. Web-Based Learning: Relationships Among Student Motivation, Attitude, Learning Styles, And Achievement. http://pubs.aged.tamu.edu/jae/pdf/Vol42/42-04-12.pdf di akses tanggal 17 Oktober 2018.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur, A. 2003. Psikologi Umum, Bandung : Pustaka Setia.

Somantri dan Muhidin, 2006. Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Bandung : Pustaka Setia

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Sunaryo, 2004. Psikologi Untuk Perawat. Jakarta, EGC

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

, 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, BH. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.

Warmala, 2013. Teacher Competence And The Academic Achievement Of Sixth Grade Students In Uganda. http://www.journals.cluteonline.com/index. php/JIER/article/view/7503/7569 di akses tanggal 16 Juli 2018.




p-ISSN  2527-6352

e-ISSN 2613-9049


Editor's Address:

AKBID 'AISYIYAH PONTIANAK

 Jl. Ampera No.9 Kalimantan Barat 78121

Telp : (0561) 6655112

Fax : (0561) 6655113

Email : up3m.akbidaisyiyahptk@gmail.com 

JAKIYAH Indexed by: